Belum Ada Regulasi Kekerasan Anak di Sekolah Keagamaan – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Belum Ada Regulasi Kekerasan Anak di Sekolah Keagamaan

JAKARTA, TIMEX-Sampai saat ini tidak ada regulasi pencegahan dan penanganan kasus kekerasan anak di satuan pendidikan berbasis agama. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Kementerian Agama (Kemenag) bakal segera mengeluarkan peraturan terkait pencegahan dan penanggulangan kekerasan anak di sekolah berbasis agama.

Komitmen tersebut disampaikan Wakil Menag Zainut Tauhid Saadi di Jakarta kemarin (13/1). Dia mengatakan peraturan tersebut sangat mendesak untuk segera dikeluarkan. Sebab kasus-kasus kekerasan anak setiap bulan frekuensinya semakin meningkat.

’’Diharapkan peraturan tersebut dapat memberikan panduan kepada guru dan tenaga kependidikan di lingkungan Kemenag dalam menangani kekerasan terhadap anak,’’ jelasnya. Zainut mengatakan peraturan itu nantinya meliputi tiga masalah. Yaitu mengoptimalkan pencegahan kekerasan terhadap anak melalui sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Kemudian membuat sistem layanan pengaduan terkait kasus-kasus kekerasan ter8hadap anak. Dan yang terakhir adalah membangun sistem manajemen informasi penanganan kasus kekerasan anak supaya lebih komperhensif. ’’Kemenag akan menargetkan dalam waktu satu bulan PMA (peraturan menteri agama, Red) tersebut selesai. Sehingga dapat segera disosialisasikan,’’ jelasnya.

Zainut menjelaskan peraturan itu akan lebih memprioritaskan pada aspek pencegahan. Secara teknis pencegahan dilakukan dengan sejumlah model kampanye. Sehingga memunculkan kepedulian sosial terhadap persoalan kekerasan kepada anak.

Politisi PPP itu mengatakan Presiden Joko Widodo sangat berkomitmen untuk terus mengoptimalkan upaya pencegahan. Kemudian juga penanganan dan rehabilitasi terhadap masalah kekerasan anak. Tujuannya supaya anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi pribadi yang unggul dan berkarakter. (wan/jpg/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!