TNI Segera Lanjutkan Pembukaan Jalan Pantai Selatan – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

TNI Segera Lanjutkan Pembukaan Jalan Pantai Selatan

SURVEI. Anggota Kodim 1602/Ende bersama Dinas PUPR Kabupaten Ende melakukan survei jalan dari bukit Wolowaru menuju Wolokota.

ALEX SEKO/TIMEX

ENDE, TIMEX – Tahun 2020, dipastikan akan dilanjutkan pembukaan jalur jalan di pantai selatan Kabupaten Ende. Lanjutan pembukaan jalan dilakukan TNI melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan dilaksanakan bulan Juni atau Juli 2020.

Camat Ndona, Yoris Demu saat ditemui di kantor bupati Ende, Senin (13/1) menjelaskan, berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya bersama Kodim 1602/Ende sudah melakukan survei awal di lokasi di mana akan dilakukan lanjutan pekerjaan pembukaan jalan di pantai selatan.

“Dalam kaitan dengan hal tersebut kami bersama Kasdim Ende telah melakukan survei awal. Dalam rencananya akan dilakukan bulan Juni atau Juli tahun ini. Namun kami anjurkan pada bulan April dan Mei mengingat kondisi alam dibulan April dan Mei cukup mendukung,” ujar Yoris.

Dikatakan, semua tergantung hasil konsultasi dengan Korem Wira Sakti Kupang apakah bisa dilakukan bulan April atau Mei. Karena, TMMD akan digulirkan bulan Juni atau Juli. “Kita tunggu hasil konsultasi dengan Korem. Semoga harapan kita dilaksanakan pada April atau Mei,” ujar Yoris.

Berkaitan dengan TMMD dia menambahkan, sebelumnya akan didahului dengan pra TMMD di lokasi yang akan dilakukan pekerjaan jalan yang menjadi sasaran TMMD. Untuk TMMD biasanya pekerjaan jalan harus selesai pekerjaan menghubungkan satu kampung dengan kampung berikutnya. Karena itu, tidak boleh putus ditengah hutan di mana dilokasi TMMD akan menghubungkan bukit Wolowaru menuju Desa Wolokota.

Dikatakan, untuk menuju Desa Wolokota masih menyisakan kurang lebih 4 kilometer dengan medan yang cukup terjal. Karena itu, dia berharap agar bisa tembus karena ini menjadi harapan semua masyarakat pantai selatan.

“Semoga nantinya bisa tembus dari bukit Wolowaru menuju Wolokota,” ujar Yoris sambil menambahkan, Dinas PUPR telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,3 miliar.

Sementara itu, Dandim 1602/Ende, Letkol Inf Mochamad Fuad Suparlin beberapa waktu lalu menegaskan, pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Ende bekerja sama melanjutkan pembangunan pembukaan jalan di jalur pantai selatan. Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Ende.

Dia menegaskan, masyarakat pantai selatan sangat membutuhkan jalur transportasi darat karena selama ini mereka menggunakan perahu motor. Kendalanya saat musim barat di mana gelombang sangat tinggi. Karena itu, dengan membuka jalur transportasi darat diharapkan warga bisa menggunakan jalur darat yang sebelumnya sudah dimulai pembangunannya oleh pemerintah.

“Kasihan selama ini mereka hanya menggunakan jalur laut dan jika cuaca ekstrem, maka mereka tidak bisa keluar dari daerah mereka,” ujar dia.

Karena itu, semoga dengan lanjutan pekerjaan melalui program TMMD akses jalan di pesisir pantai selatan bisa tembus hingga Wolokota. (kr7/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!