Dandim Sikka Ingatkan Babinsa Harus Peka – Timor Express

Timor Express

FLORES RAYA

Dandim Sikka Ingatkan Babinsa Harus Peka

ARAHAN. Dandim 1603/Sikka, Letkol Inf M Zulnalendra Utama memberikan arahan kepadda Babinsa dan Danramil, Senin (13/1).

KAREL PANDU/TIMEX

MAUMERE, TIMEX  – Dandim 1603/Sikka, Letkol  Inf  M Zulnalendra Utama mengingatkan Babinsa dan sejumlah Koramil di Kabupaten Sikka untuk selalu peka, tanggap, terhadap berbagai situasi dan kondisi diwilayah binaannya masing-masing. Penegasan ini disampaikan saat apel pagi di Makodim 1603/Sikka, Senin (13/1).

Ia menegaskan, segenap Babinsa dan perwira jajaran Kodim 1603/Sikka wajib tanggap berbagai situasi dan kondisi pada wilayah desa/kelurahan masing-masing, termasuk kondisi keamanan diwilayahnya. Hal ini juga berlaku bagi setiap Koramil di wilayah Kabupaten Sikka untuk selalu membangun sinergitas dengan aparat pemerintah setempat, seperti RT, RW, kepala desa dan lurah.

“Setiap Babinsa harus berperan aktif di desa binaannya masing-masing dan wajib mengetahui tentang keadaan, situasi keamanan di setiap wilayah binaannya. Selain Koramil, Babinsa juga harus bersinergi dengan aparat setempat, tidak hanya kepada Danramil sebgai pimpinannya atau komandan diwilayah teritorial kewilayahan,” jelasnya.

Zulnalendra menilai, kerja Babinsa selama ini cukup baik dan patut diberikan apresiasi karena sudah menunjukkan kedekatannya dengan masyarakat, mampu membangun kegotongroyongan bersama masyarakat setempat. Hal ini terbukti ketika terjadi hujan angin dan badai menimpa wilayah Kabupaten Sikka, sehingga banyak pepohonan yang tumbang dan menutup arus lalu lintas. Babinsa begitu cepat dan tanggap mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan ruas jalan sehingga arus lalu lintas berjalan aman.

“Belakang ini saya melihat Babinsa sangat dekat dengan masyarakat. Mereka bisa membangun kerja sama, gotong royong dalam mengatasi berbagai kejadian yang ada diwilayahnya masing-masing. Hal itu terbukti ketika terjadi bencana, Babinsa dan Koramil selaku pimpinannya begitu cepat tanggap dan langsung turun ke lapangan,” jelasnya.

Dikatakan, setiap Babinsa dan Koramil segera memberikan laporan jika terjadi hal-hal yang menonjol diwilayah binaan masing-masing. Segera bertindak cepat agar tidak terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan diwilayahnya. Jika terjadi peristiwa diwilayah binaan dan tidak ada yang mengetahui, maka itu hal yang sangat fatal.

“Apabila ada peristiwa yang menonjol diwilayah binaan dan tidak mendapat laporan, maka itu hal yang sangat fatal. Karena itu Babinsa dan Koramil wajib lapor,” ujarnya.

Menurutnya, peran Babinsa dan Danramil sangat penting bagi seluruh masyarakat yang ada diwilayah binaan masing-masing, karena itu kesiapsiagaan harus terus ditingkatkan.

Usai memberikan arahan kepada Babinsa dan seluruh jajarannya, Zulnalendra memberlakukan Jam Komandan (pengarahan komandan). Pelaksanaan Jam Komandan sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap pimpinan dijajaran Kodim 1603/Sikka untuk memberikan arahan dan masukan dari setiap anggota Kodim. Selain itu pelaksanaan Jam Komandan untuk keadaan dan mengevaluasi kinerja bagi setiap personel, terutama bagi para Babinsa agar selalu mengetahui berbagai peristiwa diwilayah binaannya masing-masing.

“Pelaksanaan Jam Komandan sudah biasa berlaku di Kodim 1603/Sikka. Jam Komandan dilaksanakan untuk mengevaluasi berbagai kegiatan yang dilakukan oleh setiap personel, terutama Babinsa yang ada diwilayah binaannya. Melalui Babinsa segala informasi dapat terakomodir dan secepatnya melaporkan kepada pimpinan. Kalau ada peristiwa dan ada Babinsa yang tidak mengetahui, maka itu kesalahan yang sangat fatal,” tegasnya. (kr5/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!