Kupang Diguncang Gempa 5,9 Magnitudo – Timor Express

Timor Express

KUPANG METRO

Kupang Diguncang Gempa 5,9 Magnitudo

KUPANG, TIMEX – Rabu (15/1), sekira pukul 15.30, terjadi peristiwa gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Kabupaten Kupang. Gempa ini berkekuatan 5,9 Magnitudo.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kampung Baru, titik gempa terletak pada koordinat 10.54 LS dan 124.12 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km, dengan kedalaman laut 16 km. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya tumbukan lempeng Australia terhadap lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault),” demikian dikatakan Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Kampung Baru, Sholakhudin Noor Falah, kepada koran ini, Rabu (15/1/2020).

Dijelaskan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kupang, Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan (TTS) dan Timor Tengah Utara (TTU).

“Sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Sholakhudin.

Dikatakan berdasarkan hasil monitoring BMKG sekitar 16.30, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). “Diharapkan masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya. (mg22/sam)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!