Spirit Santo Arnoldus Jansen untuk Kemajuan Unwira – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Spirit Santo Arnoldus Jansen untuk Kemajuan Unwira

SAMBUTAN. Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD saat menyampaikan sambutannya usai misa bersama keluarga besar Unwira di Aula Kampus Penfui Kupang, Rabu (15/1).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

Keluarga Besar Unwira Rayakan Pesta Pelindung

KUPANG, TIMEX-Umat Katolik di seluruh dunia secara serentak menggelar misa bersama memperingati Pesta Santo Arnoldus Jansen. Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang juga merayakan pesta tersebut bersama keluarga besar Unwira di Aula Kampus Penfui Kupang, Rabu (15/1).

Usai misa bersama, Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD dalam sambutannya menyampaiakan selamat dan merayakan pesta karena Santo Arnoldus Jansen dikenal sebagai pendiri Ordo Serikat Sabda Allah (SVD/Societas Verbi Divini).

Dikatakan Pater Philipus Tule, bagi kelurga besar Unwira Kupang, Pesta Santo Arnoldus Jansen ini sangat istimewa karena Arnoldus Jansen sebagai pelindung pada Kampus tersebut. “Kita harus meneladani Santo Arnoldus Jansen untuk memajukan Unwira karena ia merupakan pelindung kita,” ujarnya.

Dikatakan, dalam rangka merayakan Pesta Santo Arnoldus Jansen, kelurga besar Unwira menggelar Triduum, doa yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut sebelum perayaan pesta. Triduum dalam tradisi Gereja Katolik, jelasnya, merupakan waktu yang disediakan secara khsusus untuk berdoa menyongsong suatu perayaan.

Puncaknya, diadakan misa yang diikuti oleh para dosen, mahasiswa dan undangan. Usai Misa, dilanjutkan dengan acara fashion show pakaian adat daerah NTT dan acara tukar kado Natal. “Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” katanya.

Pater Philipus Tule dalam kesempatan juga mengatakan, tahun ini Pesta Pelindung Unwira mengangkat tema ‘Setia Kepada Sang Sabda dan Menjadi Sahabat Bagi Sesama’.

Menurutnya, Unwira berasaskan Pancasila dan bernafaskan iman Katolik. Atribut Katolik menyatakan ciri khas universitas yang mengacu pada nilai-nilai dan semangat yang bersumber dari iman dan ajaran suci Gereja Katolik.

Unwira didirikan terutama untuk mengemban misi Gereja Katolik dalam mewujudkan panggilan sucinya dalam mendorong setiap manusia. Tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan dan masyarakat untuk mengembangkan bakat-bakat insaninya demi mencapai martabatnya sebagai pribadi dan masyarakat yang manusiawi.

Spiritualitas dasar Unwira yang diinspirasi oleh spiritualitas pelindungnya, St. Arnoldus Janssen adalah “Ut Vitam Habeant Abundantius-Agar mereka memperoleh hidup dan memperolehnya dalam segala kelimpahannya”.

“Maka kita harus setia kapada sang sabda dan menjadi sahabat bagi sesama,” tuturnya.

Usai perayaan misa, acara ditutup dengan pembagian doorprize oleh panitia kepada umat yang hadir dengan memberikan soal-soal seputar St. Arnoldus Janssen. (mg29/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!