Pengunjung Terbanyak Perpustakaan dapat Penghargaan – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Pengunjung Terbanyak Perpustakaan dapat Penghargaan

GEMAR MEMBACA. Kepala Sekolah SMAK Giovanni Kupang, Romo Stefanus Mau, Pr bersama siswa dan guru penerima penghargaan usai upacara di Halaman SMAK Giovanni Kupang, Senin (20/1).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX.

 SMAK Giovanni Dukung Program Literasi

KUPANG, TIMEX-Dalam rangka mendukung program literasi, pengelola perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Giovanni Kupang memberikan penghargaan kepada siswa dan guru yang mengunjunggi serta meminjam buku terbanyak\.

Penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap pengunjung/pembaca terbanyak di perpustakaan SMA Katolik Giovanni Kupang merupakan periode tahun 2019. Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Sekolah, Romo Stefanus Mau, Pr kepada tujuh orang siswa dan lima orang guru saat upacara di Halaman SMAK Giovanni Kupang, Senin (20/1).

Kepsek Romo Stefanus Mau, Pr pada kesempatan tersebut mengatakan upaya tersebut merupakan salah satu motivasi dan mendorong minat baca serta menyukseskan program literasi sesuai harapan kurikulum.

Lanjutnya, bahwa siswa yang rajin membaca di perpustakaan menjadi suatu motivasi kepada siswa sendiri agar terus berjuang dan belajar serta menambah pengetahuan. Menurutnya, melalui proses belajar yang giat tersebut dapat membentuk karakter dan kedisiplinan diri.

“Saya sangat berharap agar dengan kegiatan gemar membaca harus ditingkatkan baik oleh siswa maupun guru karena segala pengetahuan datang dari membaca,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Perpustakaan SMAK Giovanni, Lasmini Harmastuti, S.Pd menjelaskan bahwa pihak sekolah menerapkan aturan kepada siswa yang terlambat masuk sekolah, harus masuk ke perpustakaan dan membaca hingga siang hari.

“Sejak diterapkan program ini, jumlah pengunjung semakin meningkat. Biasanya sehari hanya 10-20 orang pengunjung namun kini jumlah pengunjung bisa mencapai ratusan per hari,” katanya.

Ditambahkan, bahwa dari pengunjung tersebut banyak lebih banyak mencari sumber pendukung. “Ini sangat mendukung proses literasi di sekolah dan membentuk dan membiasakan anak membaca sejak dini,” ujarnya.

Dengan jumlah kunjungan yang tinggi itu, pihaknya membuat perlombaan sebagai motivasi kepada siswa dan guru.

“Kita berikan hadiah kepada para pengunjung terbanyak. Para guru memang banyak namun keterbatasan dengan waktu sehingga jarang berkunjung ke perpustakaan,” imbuhnya.

Diharapkan ke depan lomba ini hadianya lebih ditingkatkan lagi agar siswa lebih bersemangat. “Kendala kami juga karena keterbatadan personel atau petugas. Selain itu sistem pengelolaan juga belum maksimal,” paparnya.

Semwntara, Patricia Ananda Kara, siswa penerima reward dengan kunjungan terbanyak memgaku bersyukur dan berterima kasih kepada kepala sekolah dan para guru karena bisa memberikan penghargaan kepada dirinya. Apalagi ini sebenarnya suatu hal yang sangat positif bagi siswa yakni gemar membaca.

Menurutnya, melalui program ini akan menumbuhkembangkan minat baca siswa di sekolah itu. “Kegiatan ini sangat positif karena dapat meningkatkan literasi di SMAK Giovanni Kupang,” katanya.

Dirinya juga mengajak teman-temannya untuk memanfaatkan waktu luang dengan membaca di perpustakaan sekolah. Menurutnya, buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekolah sangat lengkap. “Banyak buku pelajaran dan buku-buku lain yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita,” kata Patricia.

Mengenai penghargaan itu, Patricia menyatakan sangat mendukung. Menurutnya penghargaan tersebut sangat positif karena bisa mengukur kemampuan siswa. “Jadi dengan literasi kita dapat meningkatkan kualitas siswa dalam berbagai hal, baik di luar maupun di sekolah sendiri,” tutupnya. (mg29/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!