Jas Tetap Awet, Lakukan Perawatan Berikut Ini – Timor Express

Timor Express

ZETIZEN

Jas Tetap Awet, Lakukan Perawatan Berikut Ini

Jas biasanya dikenakan saat acara semi-formal sampai dengan formal. Karena kegunaanya yang tidak terlalu sering, punya dua saja sudah cukup. Harga dari jas juga terbilang paling mahal dibandingkan dengan jenis busana pria lainnya. Karena hal itulah, perlu perawatan khusus supaya tidak mengeluarkan dana lebih hanya untuk membeli jas atau bila belum siap, ada banyak bisnis/ tempat sewa jas sebagai alternative selain membeli. Jangan sembarangan memperlakukan jas, karena jenis baju ini memiliki perawatan yang berbeda dengan lainnya. Yuk ikuti terus tips merawat jas supaya tetap awet.

Lakukan Pencucian dengan Benar
Sebelum mencuci, ketahui terlebih dahulu bahan pembuat jas. Bisa katun, wol, drill, ataupun jenis lainnya. Jika sudah mengetahui bahan utama pembuatnya, nanti bisa memutuskan cara pencuciannya. Apakah dengan menggunakan teknik wet cleaning atau dry cleaning. Misalnya saja jika jas terbuat dari wol, hindari pencucian di mesin cuci karena bisa mengkerut atau mengecil.

Dalam intensitas pencucian, lakukan seminimal mungkin. Jika jas sudah benar-benar kotor dan beraroma kurang sedap, barulah dicuci. Pencucian yang sering akan memberikan banyak dampak negatif. Mulai dari benar mudah patah, warna memudar, sampai dengan ukurannya mengecil.

Selalu Sikat Jas Setelah Memakainya
Supaya jas tetap bersih, sikat setelah dipakai. Akan banyak kotoran-kotoran ringan, misalnya saja untuk menghilangkan bulu, rambut, ketombe, dan lain-lain. Sikat jas juga cukup murah, jadi beli satu atau dua. Dalam hal menjaga kebersihan jas, usahakan untuk tidak terlalu sering melakukan dry clean dan mencucinya dengan mesin cuci. Bahan kimia yang terdapat di dalam proses dry clean bisa merusak serat-serat woll atau katun. Jas mudah rapuh dan warnanya juga tidak cantik lagi.

Hindari Penggunaan Setrika dan Pilih Steamer
Jas memang akan mudah kusut setelah digunakan, namun menyetrikanya malah akan memperburuk. Suhu panas setrika bisa membahayakan serat-serat jas, bisa memperpendek umurnya. Alih-alih menyetrika, ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Misalnya saja menggunakan steamer untuk menghilangkan kusut. Manfaat lainnya, jas juga akan memiliki aroma yang menyegarkan. Jika tidak ada steamer, bisa juga melakukan tips menggantung jas di kamar mandi dan menyalakan hot shower selama satu setengah jam. Itu akan memberikan efek yang sama dengan steamer.

Investasi Pada Hanger yang Berkualitas
Guna membuat jas tetap dalam kondisi optimalnya, lebih baik digantung daripada dilipat. Maka dari itulah, jangan sembarangan membeli gantungan baju. Pilih yang lebarnya sama dengan bahu jas. Selain itu ambilah hanger yang terbuat dari kayu, bahannya lebih aman, tebal, dan tekstur halus. Dengan tujuan bisa menyangga jas dengan lebih maksimal tanpa merusak jahitan. Selain itu hanger kayu juga membuat serangga jauh-jauh.

Pilih Cover dari Kain Dibanding Plastik
Biasanya jas dijual dengan cover atau ‘kemasan’ plastik. Hak tersebut untuk meminimalisir kerusakan saat dipajang. Namun jika sudah dibeli, pastikan untuk menyimpannya dengan cover yang terbuat dari kain. Dengan begini, jas akan mendapatkan udara yang cukup dan tidak mudah robek. Serangga juga tidak akan mudah datang, serta aromanya akan baik-baik saja. Jika tidak diberi ‘kemasan’ kain ini, bisa membelinya sendiri. Namun pastikan ukurannya sama dengan jas yang dibeli.

Usahakan Tidak Membawa Banyak Barang di Kantong
Kantong memang berguna untuk menyimpan berbagai hal. Tapi untuk membuat jas tetap awet, usahakan untuk meminimalisir memasukkan sesuatu ke dalamnya. Tonjolan barang dari kantong akan mengubah tampilan jas saat dikenakan. Jika terpaksa memasukkannya ke dalam kantong jas, selalu keluarkan semuanya saat digantungkan.

Jangan Menyimpan di Tempat Lembab
Selain itu semua, usahakan juga meletakkan jas di tempat yang kering. Lemari atau ruangan yang lembab akan memengaruhi kondisi jas. Bisa saja berjamur dan memberikan aroma yang tidak sedap. Selain memastikan ruangan untuk menyimpan jas kering, bersih juga sangat penting. Jika perlu bisa tambahkan silica gel. Jangan sampai jas kesayangan rusak karena lembab dan udara dingin. Tambah juga dengan dehumidifier untuk mengatur suhu udara.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat jas tetap awet. Selain itu semua, saat jas dibawa bepergian, usahakan untuk menentengnya saja dibandingkan dimasukkan ke dalam koper yang penuh sesak. Semoga informasinya membantu.(jpc/rum)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!