Wujudkan Pancasila di Sektor Pertanian – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Wujudkan Pancasila di Sektor Pertanian

BERI MOTIVASI. Anggota DPR RI Ansy Lema saat diskusi dengan mahasiswa Politani, Rabu (12/2).

IST

KUPANG, TIMEX–Sejak dicetuskan Bung Karno pada 1 Juni 1945, Pancasila telah menjadi pandangan hidup, falsafah dasar, dan pemersatu bangsa yang bhinneka ini. Maka dari itu, para mahasiswa sebagai masa depan bangsa harus berada di garda terdepan mempertahankan Pancasila dari ancaman, sekaligus mewujudkan Pancasila dalam hidup sehari-hari.

Demikian penegasan anggota DPR/MPR RI asal NTT Yohanis Fransiskus Lema ketika berdiskusi dengan para mahasiswa Politani Negeri Kupang di Gedung Student Center, Lasiana, Kupang, Rabu (12/2).

Pria yang akrab disapa Ansy Lema ini mengingatkan bahaya radikalisme dan intoleransi terhadap keutuhan negara. Survei menunjukkan adanya perkembangan warga negara Indonesia yang terpapar radikalisme. Tidak hanya menyasar masyarakat bawah, agenda radikalisme juga telah bersarang di kalangan masyarakat terpelajar, termasuk dunia kampus.

Ansy pun menganjurkan dan mengajak para mahasiswa untuk menjaga ideologi Pancasila. Bentuk penjagaan tersebut dapat dilakukan dengan menggiatkan literasi Pancasila, mencintai budaya dengan membentuk UMKM berbasis kearifan lokal, berorganisasi untuk latihan dialektika dan kepemimpinan, serta terlibat dalam KKN atau gerakan sosial.

“Tetapi, untuk adik-adikku mahasiswa Politani, saya punya harapan besar untuk mewujudkan Pancasila dalam sektor pertanian. Karena saya tahu Politani memiliki para dosen dan mahasiswa yang pakar di sektor pertanian. NTT sangat membutuhkan regenerasi petani milenial, serta inovasi dan kreasi di bidang pertanian. Khususnya, saya mengharapkan gagasan dan keterlibatan adik-adik untuk mencari solusi pemanfaatan lahan kering di NTT. Saya yakin pembangunan sektor pertanian merupakan kunci utama pengentasan kemiskinan di NTT,” pungkasnya. (*/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!