GAPENSI Siap Hadirkan Infrastruktur Berkualitas – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

GAPENSI Siap Hadirkan Infrastruktur Berkualitas

RAPAT.Ketua GAPENSI Kota Kupang, Rudy Nalle bersama jajaran saat rapat untuk persiapan kegiatan Sabtu dan Minggu mendatang.00

CARLENS BISING/TIMEX

Gelar Mukercab Kota Kupang

KUPANG, TIMEX-Pemerintah diharapkan bisa menyiapkan aturan untuk melindungi kontraktor lokal. Di samping itu, para kontraktor juga harus mempersiapkan diri agar bisa menghadirkan infrastruktur yang berkualitas.

Demikian dikatakan Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Kota Kupang. Rudy Nalle di Sekretariat GAPENSI Kota Kupang, Rabu (19/2).

Pernyataan ini disampaikan Rudy berkaitan dengan rencana Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) yang akan digelar di Naka Hotel, Jumat (21/2).
Rudy didampingi Ketua Panitia Pelaksana, Hendrik Gaungu, Sekretaris Panitia, John Lona dan pengurus lainnya, yakni Elson Fanda, Arnold Kadju dan Decky Ndoen.

“Kita akan evaluasi terhadap program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja organisasi yang telah ditetapkan saat Muscab lalu. Apa yang sudah dibuat dan apa yang belum,” jelas Rudy.

Dia mengimbau anggota GEPANSI Kota Kupang yang terdiri dari 180 lebih anggota untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Karena menurut dia, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para anggota. “Jadi kita mengadakan penyempurnaan. Intinya mengevaluasi untuk membahas yang sudah kita capai dan apa yang akan dilakukan ke depan,” tambahnya.

Rudy kembali mengingatkan, saat ini anggota GAPENSI semakin berkurang. Mulai dari 300 sebelumnya dan menurun hingga tersisa hanya 180 lebih saat ini. Sehingga, lanjut dia, di dalam Mukercab nanti akan ada beberapa agenda penting untuk penguatan kapasitas dan juga menambah pengetahuan anggota. Terutama terkait regulasi yang sedang diberlakukan. Dia katakan, para kontraktor menghadapi sejumlah tantangan karena adanya kebijakan di pemerintah pusat. “Makanya kita minta pemerintahdaerah juga membuat aturan untuk melindungi peternak dan petani kita,” tambahnya lagi.

Menurut dia, GAPENSI merupakan organisasi yang konsen terhadap dunia jasa konstruksi. Suatu dunia bisnis yang turut menentukan perkembangan dan Kemajuan perekonomian daerah dalam menghadapi persaingan setiap bidang pembangunan yang semakin Kompleks.

Salah satu agenda yang akan dilaksanakan adalah sosialisasi terkait perubahan peraturan yang telah dan akan terus terjadi. Aturan-aturan tersebut harus diketahui oleh para anggota, sehingga ke depan tidak salah lagi.

“Fenomena yang tidak dapat dihindari sekarang, yakni banyak perusahaan luar maupun asing memperoleh keluasan dan perlindungan undang-undang untuk bekerja di seluruh wilayah Indonesia.

Bermodalkan keunggulan manajemen, SDM, informasi dan teknologi, peralatan, finansial dan sebagainya memudahkan untuk memperoleh kepercayaan dalam pasar konstruksi di daerah kita. Hanya dengan mengembangkan dan meningkatkan sikap profesional tantangan tersebut dapat diatasi,” papar dia.

Sebagai sub ordinatif organisasi pusat, GAPENSI Kota Kupang selalu menjunjung tinggi amanat konstitusi yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GAPENSI.

Kata Rudy, anggota GAPENSI sedikit banyak akan terlibat dalam pembangunan infrastruktur. Apalagi regulasi yang terus berubah baik dalam memperoleh sertifikat badan usaha dan tenaga ahli, sehingga Gapensi berkewajiban berusaha membuat anggota lebih profesional tangguh dan kualitas sehingga bisa bermitra dengan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, agar bila ada aturan berubah bisa beradaptasi.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Hendrik Gaungu menambahkan seluruh pengusaha jasa konstruksi anggota GAPENSI untuk hadir dalam Mukercab ini. Karena akan ada banyak hal yang didiskusikan bersama mengenai regulasi dan sumber-sumber finansial dalam pelaksanaan proyek.

Dijelaskan lagi, Mukercab III kali ini rencananya akan dibuka oleh Wali Kota Kupang. Namun karena berhalangan hadir, akan dibuka Sekretaris Daerah Kota Kupang.

Ia menjelaskan pada Mukercab yang bertemakan “Gapensi Siap Beradaptasi dilaksanakan panel diskusi dengan menghadirkan pembicara dari LPJKD NTT, Ketua Umum BPD Gapensi NTT, Kepala PT Bank Bukopin, Tbk Cabang Kupang dan Kepala PT Askrindo (Persero) NTT.(cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!