Target Buka Rekening Terblokir Senin – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Target Buka Rekening Terblokir Senin

NET

JAKARTA, TIMEX – Sebanyak 200 orang pemegang single investor identification (SID) telah dipanggil Kejaksaan Agung untuk melakukan klarifikasi rekening efek yang diblokir terkait kasus Jiwasraya. Belum semua hadir.

Kejagung mengharapkan pemegang SID bisa menyelesaikan klarifikasi administrasi pada Jumat (21/2).

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono mengungkapkan 200 orang tersebut telah dikumpulkan sebelumnya. Dan muncul kesepakatan untuk mengajukan permohonan buka blokir rekening efek pada Jumat ini. “Ketika sudah cukup bukti bahwa tidak terkait, dalam waktu dekat mudah-mudahan Senin sudah ada yang dibuka,” jelas Hari di Gedung Bundar Kejagung Rabu (19/2).

Umumnya para pemohon buka blokir datang dengan membawa berkas-berkas dokumen lengkap untuk membuktikan bahwa SID mereka tidak terkait transaksi yang merugikan Jiwasraya. Kejagung berharap pemegang SID bersikap kooperatif sehingga saham-saham yang tidak terkait perkara bisa kembali dibuka dan SID berfungsi normal.

SID tersebut juga digunakan pemegangnya untuk saham di beberapa tempat dan perusahaan sekaligus sehingga mau tidak mau akan terdampak jika terus diblokir. Pemblokirannya tidak bergantung pada nilai saham yang dimiliki dalam SID itu, karena nilainya bersifat fluktuatif. Yang jelas, semua terindikasi awal memiliki kaitan dengan perusahaan dua tersangka swasta maupun Jiwasraya.

Hari menegaskan Kejagung juga menghindari anggapan bahwa pemeriksaan Jiwasraya menyebabkan pasar saham dan modal lesu karena banyak SID yang terblokir. “Kami penyidik tidak mau dikatakan sebagai yang turut andil menyebabkan lesu bursa saham. Untuk menjawab itu, penyidik membuka seluas-luasnya,” lanjut Hari.

Kejagung memblokir 800 rekening efek terkait kasus Jiwasraya pada Januari lalu. Pemblokiran tersebut dilakukan untuk mencegah adanya pemindahan kepemilikan rekening atau adanya transaksi demi menyamarkan uang hasil kejahatan Jiwasraya.(deb/jpg/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!