13.789 KPM Dapat Bantuan dari Kemensos – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

13.789 KPM Dapat Bantuan dari Kemensos

POSE BERSAMA. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malaka, Folgen Fahik dan Koordinator Daerah Tenaga Kesejahteraan Sosial, Rafaela Lusia Lake pose bersama usai penyaluran bansos pangan kepada masyarakat Kabupaten Malaka, Selasa (3/3).

KRISTOFORUS BERE/TIMEX

BETUN, TIMEX – Dinas Sosial Kabupaten Malaka melakukan pendampingan saat penyaluran bantuan sosial (Bansos) pangan kepada masyarakat Kabupaten Malaka. Dalam pembagian tersebut, keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 13.789 yang tersebar di 12 kecamatan dan 127 desa di Kabupaten Malaka.

“Jumlah keluarga penerima manfaat Kabupaten Malaka sebanyak 13.789 yang tersebar di 12 kecamatan dan 127 desa,” kata Koordinator Daerah Tenaga Kesejahteraan Sosial Kabupaten (Korteks), Rafaela Lusia Lake saat ditemui Timor Express usai melakukan sosialisasi dan pendampingan penyaluran bansos pangan sembako, Selasa (3/3).

Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Daerah, Rafaela Lusia Lake menjelaskan, program sembako merupakan pengembangan dari bantuan pangan non tunai (BPNT) yang merupakan bantuan Kementerian Sosial, berupa makanan yang mengandung karbohidrat, protein nabati dan vitamin.

Ia menjelaskan, tujuan Kementerian Sosial memberikan program, yaitu mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan, memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM, meningkatkan ketepatan sasaran waktu, jumlah harga, kualitas dan administrasi, memberdirikan pilihan dan kendali kepada KPM serta meningkatkan efisiensi penyaluran bantuan sosial, meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan keuangan dan perbankan, meningkatkan transaksi non tunai dalam agenda gerakan nasional non tunai, meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah terutama usaha mikro dan kecil dalam bidang perdagangan dalam jangka panjang. Selain itu, mencegah terjadinya stunting dengan pemenuhan gizi pada 100 HPK.

Dirinya menjelaskan, penerimaan bantuan dengan nilai nominal Rp 150.000 per KPM perbulannya. Kemudian dibelanjakan berupa bahan sembako yang terdiri dari komoditas bahan pangan, sumber karbohidrat, sumber protein nabati, sumber vitamin dan mineral.

Dirinya menjelaskan, KPM memiliki KKS, di mana  pemilihan komoditas dalam program sembako bertujuan menjaga kecukupan KPM. Penggunaan dana program sembako hanya boleh digunakan untuk pembelian bahan pangan yang ditentukan oleh program sembako dan tidak boleh digunakan untuk membeli minyak, tepung terigu, mie instan dan makanan kaleng.

Dijelaskan, bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai, melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warung dan agen BRI yang bekerja sama dengan bank.

Dirinya menuturkan, program bansos pangan sembako merupakan bantuan peralihan dari bansos rastra, di mana dari rastra tiap KPM menerima 10 kilogram beras perbulan dan sekarang beralih ke BPNT.

Dirinya mengharapkan, dengan hadirnya program bansos pangan sembako yang diterima 13.789 KPM, bisa memanfaatkan bantuan secara baik dan sejahtera. (mg30/ays)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!