Jadilah Alumni yang Berkarakter, Berinovasi dan Kreatif – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Jadilah Alumni yang Berkarakter, Berinovasi dan Kreatif

WISUDA UKAW. Rektor UKAW Kupang, Dr. Ir Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si saat memindahkan tali toga kepada wisudawan pada rapat senat luar biasa yang berlangsung di GOR Oepoi Kupang, Selasa (10/3).

INTHO HERISON TIHU/TIMEX

KUPANG, TIMEX-Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang kembali melepas sebanyak 754 lulusan dalam rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka wisuda sarjana ke-59 dan Dies Natalis Fakultas Teologi yang ke-49 di GOR Oepoi, Kota Kupang, Selasa (10/3).

Dalam momen ini Rektor UKAW Kupang, Dr. Ir. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si berpesan kepada para lulusan yang sudah mencatatkan namanya sebagai alumni untuk terus belajar dan menjadi alumni UKAW yang berkarakter, berinovasi dan kreatif.

Menurut Ayub Meko, dengan berkarakter, berinovasi dan kreatif maka seorang alumni dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Ayub mengatakan bahwa kali ini UKAW mewisuda sebanyak 754 sarjana. Total hingga saat ini UKAW telah mecetak sebanyak 19.602 sarjana dan 59 orang magister.

Disampaikan pula bahwa 754 lulusan yang diwisuda tersebut terbagi dari Fakultas Teologi (29), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (215), Fakultas Hukum (137), Fakultas Ekonomi (169), Fakultas Teknologi Pertanian (64), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (50).

Selain jumlah lulusan, terdapat enam orang lulusan terbaik, yakni Rosaline Darma Yanti S. Th (IPK 3,64) dari Fakultas Teologi Agama Kristen, Yoggi Rabby Alfa Boimau S. Pd dari Progdi Bahasa Inggris (IPK 3,90), Louis Penggky Alexandro Rihi SH dari Fakultas Hukum (IPK 3,92).

Windy Angelia Mayasari Lisnahan S. E, dari Progdi Akuntansi Fakultas Ekonomi (IPK 3,86), Felisitas Angelita Seran S. TP dari Progdi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian (IPK 3,80) dan Oktavianus Lande S.Pi dari Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (IPK 3,84).

Ayub menambahkan, UKAW sebagai lembaga yang didirikan oleh masyarakat terus membenah diri dan mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan regulasi yang ada. Pengembangan pengelolaan sumber daya manusia serta membuka jejaring menjadi perioritas ditingkatkan melalui peningkatan studi para dosen, meningkatkan jabatan para dosen.

“Kami sudah terakreditasi B dan sementara berpsos untuk program magister ilmu kelautan. Saat ini kita memiliki 150 dosen, 25 doktor, 25 sementara masih studi doktor dan yang lain masih antrian. Dan sudah hampir semua dosen memiliki jabagan,” katanya.

Mewujudkan merdeka belajar dan kampus merdeka maka dipesankan kepada para alumni agar menjadi seorang alumni yang berkarakter, berinovasi, kreatif, mempunyai kemampuan dalam bidang keahlian masing-masing, berguna bagi masyarakat juga Bangsa dan Negara.

Untuk itu ia meminta agar para alumni selalu setiap menjunjung tinggi citra dan harkat serta martabat Artha Wacana melalui pekerjaan dan perbuatan dalam dunia kerja maupun dalam pengabdian di lingkungan masyarakat.

“Kami berharap alumni terus ikut membantu universitas lewat masing-masing kegiatannya dan kami telah melepas sebanyak 754 wisudawan untuk bergabung menjadi alumni Arta Wacana. Harapannya para alumni tetap menjaga dan menjunjung tinggi citra, harkat serta martabat Arta Wacana dalam pengabdian kalian di masyarakat,” pesannya.

Kabag Kelembagaan dan Sistem Informasi, Drs. I made Gunawan Swarnaya, M.A.P dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Universitas Arta Wacana karena telah berhasil mencetak alumni sebanyak 18.792 orang.

Ia berharap agar alumni ini mampu menjadi alumni yang berintelektual dan berkarakter. “Alumni UKAW harus menjadi alumni yang inovatif, kreatif dan mandiri dan mampu mengaplikasikan setiap ilmu pengetahuan sesui bidang ilmunya masing-masing,” pesannya.

Sedangkan Louis P. A Rihi, S.H dalam sambutan mewakili wisudawan, mengatakan bahwa Universitas Artha Wacana merupakan universitas yang telah berhasil mencetak para alumni yang berkualitas.

Menurutnya belajar di UKAW merupakan berkat karena ketika menjadi bagian dari UKAW begitu banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh. Namun baginya wisuda bukan merupakan puncak dari prestasi namun wisuda merupakan salah satu hadiah kecil yang mereka berikan kepada para wali dan orang tua wisuda.

Dia katakan tanggung jawab sebagai mahasiswa memang sudah selesai namun tanggungjawab akan ilmu dan pengetahuan akan selalu menjadi perjuangan di masa akan datang.

“Terima kasih kepada orangtua wali wisudawan karena sudah berjerih lelah berkorban untuk mendukung kami menempuh pendidika. Terimakasih kepada Universitas Artha Wacana yang sudah memberikan kami ilmu pengetahuan selama ini, kami siap untuk bersaing dengan sarjana-sarjana di luar sana karena kami sudah di bekali dengan ilmu yang mumpuni,” katanya.

Turut hadir dalam prosesi wisuda dan perayaan Dies Natalis Fakultas Teologia ini, para anggota senat UKAW Kupang, Kabag Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI Wilayah VIII, Drs. I Made Gunawan Swarnaya, M.A.P, Rektor Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Pater Dr Philipus Tule SVD, unsur Pemerintah Provinsi maupun Kota, unsur TNI dan POLRI, Wakil Gereja Pendiri, Pembina, Pengawas, Pengurus Yayasan dan para orang tua wisudawan maupun wisudawati. (mg29/ito)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!