Stok Beras Aman Hingga November – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

Stok Beras Aman Hingga November

PANEN.Petani sawah tada hujan di Bolantami, Desa Otan Pulau Semau saat panen padi, 1 April 2020.

FOTO Noldi MANAFE

KUPANG, TIMEX-Stok bahan kebutuhan pokok di NTT, khususnya beras mencukupi untuk tujuh bulan ke depan. Warga diimbau agar tidak panik dan melakukan penimbunan.

Kepala Perum Bulog Kanwil NTT, Taufan Akib yang diwawancara Timor Express Senin (27/4) mengatakan, di tengah wabah Covid-19 dan bulan Ramadhan, pasokan beras tidak masalah. Jumlah stok beras sebanyak 31 ribu ton. Jika kurang pun ada tambahan stok karena proses permintaannya relatif mudah.

Tidak hanya itu, ketersediaan minyak goreng bimoli hingga saat ini mencapai 88 ribu ton, tepung terigu 51 ribu ton. Stok tersebut tersedia di sejumlah gudang Perum Bulog Kanwil NTT.

Pihaknya terus berkoordinasi agar bisa mengetahui ketersediaan pangan agar kebutuhan pokok selalu tersedia. Menurut dia, stok beras tersebut bertahan hingga November 2020.

Dia berharap masyarakat berbelanja sesuai kebutuhan seperti biasa. Untuk memastikan harga normal sebaiknya masyarakat mendatangi kios atau outlet perum bulog yang ada di sejumlah tempat di NTT. Sesuai standar harga yang diterapkan pemerintah. Dia katakan, saat ini pihaknya tidak menggelar operasi pasar. “Kita berharap pengusaha dan pedagang tidak menimbun komoditas, karena bila ketahuan tentu diproses hukum,” tegas dia.

Sementara Kepala Biro Ekonomi dan Kerja Sama Setda NTT, Lery Rupidara dalam keterangan pers Senin (26/4) mengatakan, dalam monitoring dan observasi, ketersediaan beras masih aman untuk beberapa bulan ke depan. Begitu juga komoditas jagung juga cukup. Daging sapi dan daging ayam juga cukup. Sedangkan untuk telur ayam sedikit kurang.

Ia menjelaskan, pemerintah secara umum melalui berbagai instansi teknisterus menjaga keterjangkauan harga melalui pemantauan komoditi di pasar. Untuk menjaga ketersediaan pasokan, pihaknya mendorong peningkatan produksi pangan dan dukungan program-program stimulus.
Selain itu juga pemerintah berupaya menjaga kelancaran distribusi untuk memastikan rantai distribusi berjalan dengan baik. “Untuk itu masyarakat diimbau untuk tidak perlu kwatir. Sebab harga bahan pokok mulai dari beras, bawang, jagung semuanya masih berada dalam keadaan aman.(mg33/cel)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!