PLN Rombak Jabatan dan Kursi Direksi – Timor Express

Timor Express

EKONOMI

PLN Rombak Jabatan dan Kursi Direksi

JAKARTA, TIMEX- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perombakan di dalam susunan direksi PLN. Sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN dan tertuang dalam SK-109.MBU/05/2019 tanggal 29 Mei 2019, ada empat nama baru yang diangkat menjadi direksi.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga membenarkan bahwa Erick Thohir melakukan perombakan di kursi direktur PLN. Arya menegaskan bahwa ada perubahan nomenklatur jabatan, yang lantas diikuti dengan penyegaran orang-orang yang ada di dalamnya. ”Setelah kami tetapkan dirut dan wadirut, kemudian kami terus mengevaluasi dan meminta masukan dirut. Maka dilakukan perubahan di organisasi dan penyegaran orang-orangnya juga,” ujar Arya, Jumat (15/5).
Beberapa nomenklatur jabatan yang diubah Kementerian BUMN di antaranya adalah Direktur Pengadaan Strategis 1 diubah menjadi Direktur Niaga dan Manajemen serta Direktur Pengadaan Strategis 2 menjadi Direktur Energy Primer. Selain itu, Jabatan Direktur Bisnis Regional Sumatera kini digabung dengan wilayah Kalimantan sehingga Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan digabung dengan wilayah Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara.

Empat nama baru tersebut di antaranya adalah Muhammad Ikbal Nur sebagai sebagai Direktur Perencanaan Korporat, Bob Saril sebagai Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Rudy Hendra Prastowo sebagai Direktur Energy Primer, dan Muhammad Ikhsan Asaad sebagai Direktur Mega Project.

Dari empat direktur tersebut, dua di antaranya sebelumnya menjabat sebagai general manager di daerah. Yakni Bob Saril yang merupakan GM PLN Unit Induk Distribusi Jatim dan Muhammad Ikhsan Asaad yang sebelumnya menjabat sebagai GM PLN Unit Induk Distribusi Jakarta. Sedangkan Muhammad Ikbal Nur sebelumnya menjabat Direktur Keuangan Geo Dipa Energi dan Rudy Hendra Prastowo sebagai Plt Dirut PLN Batu Bara.

Mengenai perubahan terbaru ini, Erick belum buka suara secara langsung mengenai alasan perombakan tersebut. Namun Erick sempat memaparkan target yang ingin dia bangun di perusahaan listrik plat merah tersebut. Setelah menunjuk Zulkifli Zaini menjadi Direktur Utama dan Amien Sunaryadi menjadi Komisaris Utama, Erick mengatakan bahwa de depan, PLN bakal memikul beban berat untuk melistriki Indonesia 100 persen dengan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat maupun industri. ”Jadi saya sebagai menteri BUMN harus tegas untuk menegakkan Good Corporate Governance. Direksi dan komisarisnya perlu diisi dengan figur-figur yang bisa memastikan PLN ini berubah pola pikir dan model bisnisnya,” ujar Erick.

Erick mengatakan bahwa salah satu bisnis utama PLN adalah distribusi listrik. Bukan terfokus untuk menjadi pembuat listrik. Sebab jika dengan pola bisnis bertumpu pada pembuat listrik, Erick mengaku khawatir jika PLN tidak mendapatkan investasi baru di pembangkit listrik. “Bikin power plant, pertambangan, akhirnya akan berat. Padahal poin terpenting tugas PLN adalah distribusi listrik. Bukan berarti kebijakan sebelumnya salah, bukan, tapi itu perubahan bisnis model,” tambah Erick.

Memang diketahui beberapa waktu terakhir, peran PLN sebagai distributor listrik mendapat sejumlah ujian yang berat. Sedikit mereview ke belakang, pada awal Agustus 2019, terjadi mati listrik massal alias blackout di Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah. Pemadaman berlangsung delapan jam bahkan di beberapa wilayah berlangsung lebih lama.

Masalah baru juga terjadi beberapa minggu lalu, PLN dihujani protes masyarakat yang mendapati tagihan listriknya membengkak di luar tagihan normal. Pada saat itu PLN sempat kekeh memberi keterangan bahwa tidak ada kenaikan listrik. Namun akhirnya EVP Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka memberi keterangan bahwa sejak Maret 2020, PLN tak lagi mengirim petugas pencatat meteran ke lapangan demi mencegah penularan virus corona. Sebagai gantinya, PLN menagih sesuai rata-rata pemakaian pelanggan dalam tiga bulan terakhir.

Terkait dengan roadmap utama Erick Thohir yang ingin menguatkan peran distribusi listrik oleh PLN, Pengamat BUMN Toto Pranoto mengatakan bahwa cukup wajar bahwa PLN melakukan berbagai restrukturisasi. Toto memberikan catatan bahwa jika PLN ingin fokus di sektor distribusi atau transmisi, maka model bisnis PLN juga harus berubah. ”Kalau menyangkut distribusi, tingkat kepuasan konsumen harus bisa lebih ditingkatkan,” ujar Toto.(agf/res/jpg/cel)

Nama-Nama Direksi Baru PLN

1. Muhammad Ikbal Nur sebagai sebagai Direktur Perencanaan Korporat.

2. Bob Saril sebagai Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan.

3. Rudy Hendra Prastowo sebagai Direktur Energy Primer.

4. Muhammad Ikhsan Asaad sebagai Direktur Mega Project.

Pergantian Tugas Baru Direksi PLN

1. Syofvi Felienty Roekman semula Direktur Perencanaan Korporat menjadi Direktur Human Capital dan Management.

2. Wiluyo Kusdwiharto semula Direktur Bisnis Regional Sumatera menjadi Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan.

3. Syamsul Huda semula Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan menjadi Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.

Susunan Keseluruhan Direksi PLN

1. Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN

2. Darmawan Prasodjo sebagai Wakil Direktur Utama PLN

3. Sinthya Roesly sebagai Direktur Keuangan.

4. Syofvi Felienty Roekman sebagai Direktur Human Capital dan Management.

5. Muhammad Ikbal Nur sebagai sebagai Direktur Perencanaan Korporat.

6. Bob Saril sebagai Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan.

7. Rudy Hendra Prastowo sebagai Direktur Energy Primer.

8. Muhammad Ikhsan Asaad sebagai Direktur Mega Project.

9. Wiluyo Kusdwiharto sebagai Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan.

10. Syamsul Huda sebagai Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.

11. Haryanto W.S. sebagai Direktur Bisnis Regional Jawa,Madura dan Bali.



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!